Rabu, 17 Juni 2015

Tentang Virus di Computer

Ada berapa banyak jenis virus?
Menurut para ahli ada sekitar 50.000 jenis virus. Jumlah ini tergantung perhitungan virus yang berbeda versi atau kemiripan jenis virus satu dengan yang lainnya.
Siapa penemu virus dan kapan?
Frederick Cohen mendemonstrasikan konsep virusnya pads tanggal 3 November 1983 di University of South Carolina. Banyak pihak yang terkesan, ada juga yang curiga, sehingga aksesnya ke komputer pusat dicabut. Ayahnya yang seorang dokter mengusulkan nama "virus", karma program tersebut mempunyai perilaku mirip virus biologis. Brain, virus DOS pertama datang dari Pakistan. Ide virus sendiri sudah muncul tahun 1972 dalam cerita fiksi D. Gerrold, berjudul "When Harlie Was One".
Dengan bahasa apa virus dibuat?
Dulunya virus Bering dibuat dengan Assembler, bahasa pemrograman tingkat rendah, kini juga dibuat dalam bahasa yang lebih tinggi seperti C. Dengan adanya bahasa macro semacam VBA, pembuatan program virus bahkan lebih mudah lagi dilakukan. Word menyediakan lingkungan yang baik bagi pengembangan virus.
Siapa yang mengedarkan virus dan mengapa?
Sering pembuat virus menyebarkan kreasinya secara khusus pada file atau dokumen tertentu di Internet sebagai anonim, agar is tak mudah dilacak. Melissa tampil pertama kali dalam news group alt.sex. 12upanya si pembuat ingin melihat, sebaik apa virusnya berfungsi dan membuat berita. Di negara kita belum ada aturannya. Tapi di negara lain, biasanya tidak, kecuali kalau menyebabkan kerusakan, dapat dituntut. Di Swiss peraturannya lebih ketat. Tidak hanya membuat, tapi juga menyebarkan atau memberi pedoman pembuatan virus dapat dikenai hukuman.
Apakah pembuat antivirus juga membuat virus demi uang?
Tuduhan ini tidak memiliki bukti. Kebanyakan programmer antivirus tidak suka berbicara tentang pembuat virus, sehingga sulit dibayangkan apakah mereka juga ikut membuat virus.
Apakah program antivirus dapat mengenali virus baru?
Virus dapat mereproduksi diri dengan banyak cara. Pembuat virus selalu menciptakan virus barn yang belum pemah terpikirkan. Karma itu program bermetode "heuristik" yang mengenali strategi tipikal virus bukan "obat manjur". la hanya merupakan pelengkap scanner virus.
Apakah ada virus yang bermanfaat?
Tidak! Memang ada virus yang mengusir virus lain atau mengkompresi file program. Namun hall semacam itu bisa dilakukan tanpa virus, yaitu dengan program yang tak menginfeksi dan penyebarannya terkendali.
Apakah hacker juga membuat virus?
Kemungkinan tidak. Hacker tulen merasa lebih hebat dari pembuat virus, karma mereka lebih mengerti tentang sistem dan punya kode etik yang melarang perusakan, walaupun batasannya tidak jelas.
Apakah Microsoft tak dapat melakukan sesuatu melawan virus?
Sudah. DOS dan Windows 9x merupakan lingkungan yang baik bagi virus, karma sistem operasinya terbuka. Namun pada Windows NT umumnya virus sulit menyebarkan diri. Menyangkut virus macro, Microsoft memang kurang bertanggung jawab. Pada mulanya mereka tak man mengakui virus macro sebagai suatu virus, karma dengan memisahkan dokumen dari macro, virus sulit menyebar dan mudah diberantas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar