Minggu, 26 April 2015

Cara membuat Sambat Tomat khas Bima


Makanan Khas Bima kali ini yang kita bicarakan adalah Doco Toma atau bahasa indonesianya sambal tomat memang saya rasa di setiap propinsi pasti ada doco toma atau sambal tomat ini, namun doco toma khas bima ini sangat berbeda adanya dengan yang lain, ketika ibu saya memasak masakan khas bima pasti dia selalu membuat doco toma ini, semua bahannya mentah, memang rasanya enak, menurut saya karna dari kecil pun saya sudah di jejali masakan ini hehe, kalau bapak saya makan di rumah saudara yang sesama orang bima dia selalu bilang “Mai Ngaha kai Doco Toma” yang artinya mari makan doco tomat, yang menurut saya pasti ada masakan ini di setiap menu masyarakat bima, nah jika ada yang ingin mencoba untuk membuat Doco Toma atau sambal Tomat Khas Bima berikut ini adalah Bahan-bahan yang dibutuhkan:

tomat/toma (iris tipis-tipis)
timun/dimu (buang kulitnya, dicacah-cacah, buang bijinya)
Cabe Rawit/Saha (potong kecil-kecil, atau gerus kasar)
Bawang Merah/bawa kala
Garam/sia
terong muda/kadu’i
Daun Kemangi/Pataha kolo

Sedangkan Cara Membuatnya:
Cuci semua bahan-bahan. kemudian Campur semua bahan-bahan tersebut secara mentah-mentah, kemudian aduk-aduk pakai sendok sampai tercampur dengan baik dan biarkan sebentar sebelum disantap agar bahan- bahan agak layu sehingga kalau disantap tidak kaku. atau Cara cepat agar bahannya cepat layu : bahan yang sudah dicampur tadi sedikit diremas-remas pakai tangan yang sudah steril).

sekian postingan saya kali ini bila ada salah kata yang tidak di sengaja maupun yang disengaja tolong di maafkan, wassalam....:D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar