Selasa, 21 Oktober 2014

Cara Instalasi Catu Daya Pada Motherboard

Pada Update kali ini saya akan menjelaskan tentang Cara Instalasi Catu Daya Pada Motherboard.
Tapi sebelumnya saya akan menjelaskan apa itu Motherboard,
Papan induk Atau yang biasa kita kenal dengan motherboard adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo.
Pengertian lain dari Motherboard atau dengan kata lain mainboard adalah papan utama berupa pcb yang memiliki chip bios (program penggerak), jalur-jalur dan konektor sebagai penghubung akses masing-masing perangkat.
Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.
Motherboard atau disebut juga dengan Papan Induk Motherboard merupakan komponen utama dari sebuah PC, karena pada Motherboard-lah semua komponen PC anda akan disatukan. Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik. Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data. Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar. Oke langsung aja ke pembahasan semula yaitu langkah langkahnya...
* Langkah pertama :
   Letakan Motherboard pada plat bantalan Motherboard (Motherboard Mounting Plate) sebelum catu daya di hubungkan padanya. ini di maksudkan agar kedudukan Motherboard lebih kokoh.

* Langkah kedua :
   Lepaskan plat bantalan Motherboard dari kotak. Pasangkanlah sekrup penahan dari plastik penyanggah Motherboard (Spacer) pada lubang - lubang yang sesuai dengan yang ada pada Motherboard

* Langkah Ketiga :
    Letakn Motherboard Beserta busa pelindungnya di atas plat bantalan, dan kencangkan Motherboard dengan sekrup. Periksalah apakah Motherboard telah benar - benar terjepit oleh spacer dengan kuat. jika belum, tekan - tekanlah Motherboard pada bagian lubang yang disangga oleh spacer

* Langkah Keempat :
   Pasangkan plat bantalan yang telah terinstal Moteherboard ke dalam kotak. Pastikan pengunci menjepit bantalan dengan erat.

* Langkah Kelima :
   Untuk menginstal catu daya pada Motherboard, temukan dua buah konektor daya dari Power Supplay yang memiliki pengunci atau "tanduk" yang memiliki enam buah kabel pada masing - masing konektor (P8 dan P9). Pasangkan konektor tersebut pada soketnya di bagian belakang Motherboard, deket socket keyboard. Perhatikan bahwa bagian pengunci di pasangkan pada bagian luar soket daya. pengunci ini berfungsi untuk mencegah terlepasnya daya Motherboard dengan mudah.

* Langkah Keenam :
   Periksa kembali apakah catu daya telah terhubung dengan benar atau tidak.

Sekian dulu Update tentang cara Instalasi Catu Daya Pada Motherboard semoga bisa menjadi referensi dan bisa membantu anda, ya walau hanya hal kecil seperti ini, mudah mudahan dapat berguna bagi anda, dan kunjungi update saya yang sebelumnya tentang Cara Instalasi Catu Daya Utama (Power Supplay). terimakasih, wassalam..... 

Referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Papan_induk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar